Home / Berita Pertanian / LOMBA MAKANAN KHAS JAWA TENGAH DAN KOPI KHAS JAWA TENGAH

LOMBA MAKANAN KHAS JAWA TENGAH DAN KOPI KHAS JAWA TENGAH

 

Lomba Makanan Khas Jawa Tengah dan Kopi Khas Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 12-13 Mei 2018 di Anjungan Provinsi Jawa Tengah, TMII Jakarta, diikuti oleh 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan Event Tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah yang berkedudukan di Jakarta.

Jenis makanan khas Jawa Tengah yang dilombakan adalah Kudapan dan Makanan Utama. Tim dari Kabupaten Karanganyar menyajikan Makanan Utama, yang terdiri dari : Patin Green Roll dan Braise Tilapia. Kemudian untuk Kudapan, makanan yang disajikan terdiri dari : Pie Singkong Vla Patin, Pie Singkong Vla Mangga, Churros Ubi Ungu, Mause Suwek, Pate Salad. Sedangkan untuk minuman, Tim Kabupaten Karanganyar menyajikan Blue Saphire dan Beras Kencur (Beras Hitam).

Untuk perlombaan Kopi Khas Jawa Tengah, Kabupaten Karanganyar menyajikan Kopi Lawu yang berasal dari Gondosuli, Tawangmangu. Penyajian Kopi Lawu disiapkan oleh Barista Sdr. Dofie dari Papahan, Tasikmadu.

Perlombaan tersebut dinilai oleh Chef Bara Patirajawane sebagai Juri Makanan Khas Jawa Tengah, dan Muhammad Aga (Barista dan Aktor Film Filosofi Kopi) sebagai Juri Kopi Khas Jawa Tengah.

Tentunya, dalam setiap perlombaan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Sebagaimana lomba kali ini, Kabupaten Karanganyar berhasil memboyong Predikat Juara Harapan II untuk Kategori Kopi Khas Jawa Tengah, dan Gelar juara Lomba Makanan Khas Jateng belum dapat diraih. Semoga tahun depan lebih baik.

Tetap Semangat ………

 

Budi Sutreno, SP., MM.

Kasi Ketahanan Pangan

 

About dispertan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KWT KARANGANYAR TIDAK ADA MATINYA

Awalnya mereka hanyalah satu kelompok kerja bakti, atau kelompok rutin arisan, atau yang memiliki usaha ...